PANGKEP, AGRIPOLIPANGKEP – Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan Perikanan (LSP KP) Politani Pangkep menggelar kegiatan Sertifikasi Kompetensi Keahlian (Uji Kompetensi Ahli) untuk tenaga pengajar atau dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin, Selasa (28/6/2022).

Kegiatan Uji Kompetensi Ahli dengan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep ini diikuti sebanyak 23 asesi atau peserta uji kompetensi dari total 28 pendaftar.

LSP KP Politani Pangkep menggandeng PT Ahmad Putra Sejahtera dalam pelaksanaan uji kompetensi yang dilangsungkan di Hotel Raising, Jl Prof AR Basalamah (d/h Jl Racing Center) Makassar.

Ketua TUK LSP-KP Politani Pangkep Dr Andi Santi SST Pi MSi pada pembukaan kegiatan mengatakan, pada kegiatan uji kompetensi ini tersedia empat skema.

“Keempat skema yang diikuti para asesi dalam uji Sertifikasi Kompetensi Keahlian kali ini adalah Skema Ahli Budidaya Perikanan, skema Ahli Pengolahan Hasil Perikanan, skema Ahli Penangkapan Ikan, dan skema Supervisor Bisnis Perikanan,” ujar Andi Santi.

Pelaksanaan uji kompetensi ahli ini, lanjut Andi Santi, berbasis penilaian portofolio dari tenaga pengajar atau dosen Perikanan Unhas. Penilaian dilakukan dengan pembuktian unit kompetensi berdasar pengalaman kerja, SK mengajar, hingga karya tulis ilmiah terkait skema keahlian.

Master Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Ahmad Daud STP MSi menambahkan, dalam kegiatan uji kompetensi ini melibatkan delapan orang asesor. Mereka yang menilai porto folio dan wawancara dari peserta atau asesi.

“Pada uji kompetensi LSP KP ini kami menurunkan delapan asesor untuk empat skema keahlian yang diikuti para asesi. Target kami, pemeriksaan berkas portofolio dari para pengajar atau dosen Perikanan dapat rampung sebelum sore ini,” kata Ahmad Daud.

Lebih lanjut, Ahmad Daud mengatakan, kegiatan uji kompetensi keahlian ini dilakukan oleh dosen Perikanan Unhas, sejalan dengan pembukaan Sekolah Vokasi Unhas di beberapa kabupaten.

“Sejalan dengan pembukaan Sekolah Vokasi oleh Unhas, maka dosen dan tenaga pengajar diwajibkan memiliki sertifikat kompetensi keahlian. Untuk itu dosen Perikanan Unhas mengikuti uji kompetensi kali ini,” jelasnya.

Salah seorang Asesor Skema Keahlian Supervisor Bisnis Perikanan Dr Mauli Kasmi SPi MSi mengatakan kompetensi keahlian sekarang ini menjadi wajib bagi para pengajar sekolah vokasi.

“Tentu saja, kami mewakili asesor sangat berbangga jika semakin banyak dosen dan pengajar yang kompeten di bidang keahliannya. Hal ini sesuai skema BNSP dan regulasi dari pemerintah. Dan sebagian besar asesi adalah profesor Unhas,” ujarnya.

Sekolah Vokasi Unhas

Program Vokasi Unhas sebagaimana pendidikan vokasi Kemendikbud Ristek lainnya menekankan pada proses pembelajaran yang menerapkan 30% teori dan 70% praktek.

Proses pembelajarannya, mahasiswa juga lebih banyak terjun langsung di lapangan dengan para pengajar yang berasal dari dosen kompeten Unhas dan kalangan industri.

Saat ini, Unhas memiliki Sekolah Vokasi yang berada di Kabupaten Sidrap, Selayar, Soppeng, dan Barru. Di Selayar, telah dibuka dua program studi yakni Budidaya Laut dan Pantai (FIKP) serta Destinasi Pariwisata (FIB).

Di kampus Vokasi Sidrap ada dua prodi yaitu D4 Teknologi Produksi Ternak (Fapet) dan D4 Teknologi Produksi Tanaman Pangan (Fak Pertanian).

Kampus Vokasi Unhas di Kabupaten Barru juga membuka dua prodi yakni Prodi Teknologi Pakan Ternak (Fapet) dan Prodi Wisata Bahari (FIB).

Kemudian Kampus Unhas Soppeng menawarkan dua Prodi Vokasi (Sarjana Terapan), yaitu Prodi Agribisnis Pangan (Fak Pertanian) dan Prodi Agribisnis Peternakan (Fapet).

Unhas juga berencana membuka sekolah vokasi dengan prodi Kesehatan Daerah Terpencil
(Fakultas Kedokteran) dan Terapi Gigi dan Mulut (Fakultas Kedokteran Gigi). (*)

Asesor BNSP
1. Dr. Nur Rahmawati Arma, M.Sc (Skema Ahli Budidaya Perikanan)
2. Dr. Andriani, S.Pi.,M.Si (Skema Ahli Budidaya Perikanan)
3. Lukman Saleh, S.Pi.,M.Si (Skema Ahli Budidaya Perikanan)
4. Dr. Ir. Muh. Ikbal Illijas, M.Si (Skema Ahli Budidaya Perikanan)
5. Dr. Asrianti Sani, S.Pi.M.Si (Skema Ahli Budidaya Perikanan)
6. Dr. Muh Ali Arsyad, S.Pi, M.Si (Ahli Pengolahan Hasil Perikanan)
7. Hasmawati, S.Pi.,M.Si (Ahli Penangkapan Ikan)
8. Dr. H. Mauli Kasmi, S.Pi, M.Si (Supervisor Bisnis Perikanan)